Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Media Penyimpanan Daring

Media Penyimpanan Daring

Klik untuk baca ringkasan Kegiatan Belajar 2
Bapak dan Ibu Peserta PembaTIK 2023, pernahkan merasakan pengalaman kehilangan file penting karena laptop yang biasa digunakan rusak? Atau mungkin kehilangan foto kenangan karena handphone hilang? Mungkin juga kita pernah merasakan ketika akan mau presentasi, file yang akan dipresentasikan tertinggal di flashdisk atau hardisk eksternal yang terlupa untuk dibawa? Untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut, maka pada materi kali ini, kita akan membahas mengenai cara untuk melakukan penyimpanan file secara daring. Ada beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan, namun pada prinsipnya aplikasi tersebut mempunyai cara kerja yang sama, yaitu menyimpan file yang kita simpan di cloud, sehingga kita dapat mengunduhnya kembali secara daring, dengan menggunakan perangkat yang mana saja. Aplikasi penyimpanan daring yang akan kita bahas kali ini adalah

Google Drive

Pada aplikasi Google Drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio maupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Sementara itu, bagi yang sudah memiliki akun belajar.id, dapat memiliki kapasitas Google Drive yang lebih besar lagi. Kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari Google Drive dengan syarat perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.

OneDrive

Jika menggunakan Microsoft 365, maka kita akan mendapatkan setidaknya 1 TB ruang di awan, tergantung pada paket yang digunakan. Jika pustaka OneDrive di hosting di SharePoint, maka  administrator organisasi akan menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersedia. Semua file yang disimpan di OneDrive bersifat privat kecuali jika kita memutuskan untuk membagikannya. OneDrive juga memiliki fasilitas berbagi file dan folder sehingga sahabat bisa berkolaborasi.

Dropbox

Jika kita ingin memanfaatkan Dropbox, maka terlebih dahulu harus mendaftar dan kemudian log in. Pada saat mendaftar akan ada beberapa pilihan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Dengan mendaftar di Dropbox basic atau yang gratis, sahabat akan mendapatkan penyimpanan 2GB dan dapat dihubungkan maksimal ke tiga perangkat.