Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perangkat TIK untuk Pembelajaran

Menjalankan Platform Presentasi (Canva & Mentimeter) untuk Pembelajaran

Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya disebabkan oleh kesiapan faktor guru (Rahmatullah et al., 2019). Untuk itu dibutuhkan penguasaan IPTEK, strategi pembelajaran untuk digunakan dalam kelas (Ramli et al., 2018). Dengan kata lain, pembelajaran berkualitas dimulai dari pendidik (guru) yang berkualitas. Apabila pendidik bertambah baik dari hari ke hari, maka pendidikan juga akan bertambah baik dan berkualitas (Farmawati et al., 2018). Media pembelajaran merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran maka penggunaan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa (Ramli et al., 2018). Kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan desain pembelajaran adalah kunci dari keberhasilan pembelajaran yang menyenangkan.

1. Canva

Konten audio visual adalah bagian penting dari presentasi sehingga menjadi lebih menarik. Untuk menciptakan konten audio visual dibutuhkan keahlian tersendiri khususnya dalam mendesain media pembelajaran yang menarik. Salah satu platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang dapat menjadi alternatif adalah Canva. Canva bersifat gratis dan berbayar berbasis daring yang mudah digunakan dalam pembuatan media pembelajaran.

2. Mentimeter

Mentimeter adalah platform presentasi yang dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Mentimeter dapat membantu pengguna ketika melakukan presentasi dengan fitur untuk membuat polling, kuis, voting, dll. Mentimeter dapat digunakan dengan perangkat laptop/komputer maupun gawai. Untuk memulai Mentimeter harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada laman www.mentimeter.com selanjutnya bisa masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan. 

Menjalankan Platform Evaluasi  (Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar, Quizizz, Dan Kahoot) untuk Pembelajaran

E-learning melayani proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran dengan berbasiskan komputer, bahkan pada revolusi industri 4.0 ini lebih banyak memanfaatkan aplikasi mobile. Pendidik harus memperhatikan beberapa aspek sebelum memilih media pembelajaran yaitu kepada siapa media tersebut akan diberikan, tujuan penggunaan media tersebut, apakah estimasi waktu yang tersedia sudah cukup untuk menggunakan media tersebut, bagaimana karakteristik media yang akan digunakan, apakah bahan-bahan untuk membuat media tersebut tersedia atau tidak, berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat media tersebut. Sumber pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu learning resources by design (sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan) dan Learning resources by utilization (sumber pembelajaran karena dimanfaatkan).

Salah satu contoh pemanfaatan kemajuan teknologi, yaitu adanya   kuis interaktif.  Kuis  interaktif  adalah  sebuah aplikasi yang digunakan untuk memberikan materi berupa soal yang nantinya digunakan oleh peserta didik dalam meningkatkan pengetahuannya mengenai materi yang sudah disampaikan. Pada Modul ini akan kami paparkan 3 (tiga) platform evaluasi pembelajaran berbasis e-learning yaitu fitur Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar, Quizizz, dan Kahoot.

1. Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Guru masuk ke Platform Merdeka Mengajar menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id pada web browser https://guru.kemdikbud.go.id/ atau dapat unduh/install aplikasi Platform Merdeka Mengajar di Playstore. Saat ini, terdapat beberapa menu yang dikelompokkan berdasarkan manfaatnya,  yakni: belajar Kurikulum Merdeka, kegiatan belajar mengajar, pengembangan diri, mencari dan berbagi Inspirasi. Pada kegiatan belajar mengajar, guru dapat menu asesmen murid dan perangkat ajar.

2. Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool membuat permainan kuis interaktif, dengan keterlibatan peserta didik yang memungkinkan pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat melakukan latihan di dalam kelas pada gawai mereka atau menggunakan fitur terbaru yaitu mode kertas dalam bentuk kode QR secara luring tanpa menggunakan gawai.

3. Kahoot

Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai media pembelajaran. Kahoot adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui situs web atau aplikasi Kahoot. Kahoot bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif, atau sebagai ice breaking dalam pembelajaran.