Soal Tes Akhir Modul Pembatik Level 1 dan Kunci Jawaban
Pilihlah jawaban yang paling tepat pada soal-soal pilihan ganda berikut ini!
1. Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang. Kapan pertama kali konsep society 5.0 diperkenalkan pada ….
b. tahun 2019 oleh Shinzo Abe pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos Swiss
c. tahun 2017 oleh Jiseon Yoo pada pertemuan lima tahunan Forum The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Abu Dhabi
d. tahun 2020 oleh Jinmyeong Chung pada pertemuan tahunan Forum Korean Education and Research Information Service (KERIS) di Korea
2. Yang merupakan tiga elemen penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi kemerdekaan belajar di era Education 4.0 dan Society 5.0 adalah:
a. Pembelajaran yang mandiri, kontekstual, dan inovatif dalam membanguh kreativitas.
d. Pembelajaran yang mengutamakan peningkatan kecerdasan dengan model drilling, reward, dan punishment; evaluasi yang konvensional dan kontrol belajar yang terus menerus di ruang kelas.
3. Dalam
pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan
fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek kemampuan
siswa, salah satunya adalah Metacognitive skills artinya ....
a. mampu membuat hipotesis masalah, mengklasifikasi objek berdasarkan kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara logis, dan lain-lain
c. keterampilan mengelola perasaan. Dalam hal ini, motivasi adalah atribut keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.
d. memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan “self monitoring” (pengawasan mandiri).
4. Terkait dengan
implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah opsi-opsi yang diberikan
kepada sekolah sesuai dengan kesiapan masing-masing, kecuali:
b. Sekolah diperbolehkan menggunakan Darurat, yaitu kurikulum 2013 yang disederhanakan jika merasa masih diperlukan penyesuaian/masa transisi ke kurikulum Merdeka.
c. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum Merdeka jika sudah siap.
d. Sekolah diwajibkan mengimplementasikan kurikulum Merdeka tanpa harus mempertimbangkan situasi atau kondisi tertentu siswanya.
5. Episode Merdeka
Belajar yang ke XV adalah ....
b. Kurikulum Merdeka dan PMM
c. Guru Penggerakd. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan
6. Di bawah ini
adalah kebijakan-kebijakan penting yang diluncurkan pada Episode ke-XV Merdeka
Belajar, kecuali….
b. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan peningkatan kualitas guru dan pendukung bagi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.
c. Kurikulum Merdeka memfokuskan siswa pada pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi yang mengharuskan setiap siswa memakai perangkat terkini yang kompleks dan advanced untuk hasil belajar yang maksimal
d. Implementasi Kurikulum Merdeka telah diperkuat landasan hukumnya dengan dikeluarkannya Kepmendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Kurikulum Merdeka yang dirancang lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan serta interaktif
7. Tujuan dari
diluncurkan platform Merdeka Mengajar yaitu….
b. menambah angka kredit Guru
c. menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
d. hanya menjadi tempat mengungah hasil karya
8. Berikut
fitur-fitur yang disediakan oleh Produk Perangkat Ajar pada Platform Merdeka
Mengajar dalam mengelola Folder adalah….
b. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder
c. membuat folder baru dan menghapus folder
d. membuat folder baru, menghapus folder, mengelompokkan folder ke dalam kategori-kategori yang sama
9. Laporan
komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi sistem
pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan penetapan rapor
pendidikan disebut…. a. rapor pendidikan
b. platform rapor pendidikan
c. profil pendidikan
d. hasil Asesmen Nasional
10. Kumpulan
referensi materi yang terstruktur berupa video, animasi, web dan permainan
terdapat pada fitur....
b. Bank Soal
c. Sumber Belajar
d. Peta Budaya