Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Tes Akhir Modul Pembatik Level 1 dan Kunci Jawaban

Pilihlah jawaban yang paling tepat pada soal-soal pilihan ganda berikut ini!

1. Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang. Kapan pertama kali konsep society 5.0 diperkenalkan pada ….


a. tahun 2018 oleh Fushida Takahano pada pertemuan dua tahunan Forum ASEAN Council of Teachers (ACT) di Tokyo-Jepang
b. tahun 2019 oleh Shinzo Abe pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos Swiss
c. tahun 2017 oleh Jiseon Yoo pada pertemuan lima tahunan Forum The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Abu Dhabi
d. tahun 2020 oleh Jinmyeong Chung pada pertemuan tahunan Forum Korean Education and Research Information Service (KERIS) di Korea

Baca Juga : Cara mengerjakan Ujian Pembatik Level 1 2023 klik (Disini)

2. Yang merupakan tiga elemen penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi kemerdekaan belajar di era Education 4.0 dan Society 5.0 adalah:

a. Pembelajaran yang mandiri, kontekstual, dan inovatif dalam membanguh kreativitas.

b. Pembelajaran mandiri yang konvensional, kontraproduktif, dan berstruktur.
c. Pembelajaran yang terpusat pada guru serta mengacu pada aturan dan mekanisme yang mengikat.
d. Pembelajaran yang mengutamakan peningkatan kecerdasan dengan model drilling, reward, dan punishment; evaluasi yang konvensional dan kontrol belajar yang terus menerus di ruang kelas. 

3. Dalam pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek kemampuan siswa, salah satunya adalah Metacognitive skills artinya ....

a. mampu membuat hipotesis masalah, mengklasifikasi objek berdasarkan kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara logis, dan lain-lain

b. mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi cara mereka belajar, seperti mendengar, mengingat, mengecek kebenaran pengetahuan, menulis, dan lain-lain.
c. keterampilan mengelola perasaan. Dalam hal ini, motivasi adalah atribut keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.
d. memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan “self monitoring” (pengawasan mandiri).

4. Terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah opsi-opsi yang diberikan kepada sekolah sesuai dengan kesiapan masing-masing, kecuali:


a. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum 2013 bila belum merasa nyaman melakukan perubahan.
b. Sekolah diperbolehkan menggunakan Darurat, yaitu kurikulum 2013 yang disederhanakan jika merasa masih diperlukan penyesuaian/masa transisi ke kurikulum Merdeka.
c. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum Merdeka jika sudah siap.
d. Sekolah diwajibkan mengimplementasikan kurikulum Merdeka tanpa harus mempertimbangkan situasi atau kondisi tertentu siswanya.

5. Episode Merdeka Belajar yang ke XV adalah ....


a. Rapor Pendidikan Indonesia
b. Kurikulum Merdeka dan PMM
c. Guru Penggerak
d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan 

6. Di bawah ini adalah kebijakan-kebijakan penting yang diluncurkan pada Episode ke-XV Merdeka Belajar, kecuali….


a. Kurikulum Merdeka menjadi salah satu program Kemendikbudristek untuk mengatasi ketertinggalan dan hilangnya pembelajaran (learning loss) di Indonesia
b. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan peningkatan kualitas guru dan pendukung bagi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.
c. Kurikulum Merdeka memfokuskan siswa pada pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi yang mengharuskan setiap siswa memakai perangkat terkini yang kompleks dan advanced untuk hasil belajar yang maksimal
d. Implementasi Kurikulum Merdeka telah diperkuat landasan hukumnya dengan dikeluarkannya Kepmendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Kurikulum Merdeka yang dirancang lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan serta interaktif

7. Tujuan dari diluncurkan platform Merdeka Mengajar yaitu….


a. untuk menambah beban kerja Guru
b. menambah angka kredit Guru
c. menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
d. hanya menjadi tempat mengungah hasil karya

8. Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh Produk Perangkat Ajar pada Platform Merdeka Mengajar dalam mengelola Folder adalah….


a. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder, memindahkan folder menjadi sub-folder
b. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder
c. membuat folder baru dan menghapus folder
d. membuat folder baru, menghapus folder, mengelompokkan folder ke dalam kategori-kategori yang sama 

9. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan penetapan rapor pendidikan disebut…. a. rapor pendidikan


a. rapor pendidikan
b. platform rapor pendidikan
c. profil pendidikan
d. hasil Asesmen Nasional

10. Kumpulan referensi materi yang terstruktur berupa video, animasi, web dan permainan terdapat pada fitur....


a. Kelas Maya
b. Bank Soal
c. Sumber Belajar
d. Peta Budaya