Modul Ajar Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Fase D
Sebelum memulai proses pembelajaran, guru perlu merencanakan bagaimana pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, tahap ini disebut sebagai penyusunan modul ajar.
Modul ajar adalah suatu alat atau sarana pendidikan yang berisi materi pelajaran, strategi pengajaran, pedoman, dan metode penilaian yang telah disusun secara terstruktur dan menarik, dengan tujuan mendukung pencapaian kompetensi yang diinginkan.
Modul ajar ini dibuat berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai tujuannya. Dalam penyusunan kurikulum Mandiri, satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil angket yang mereka lakukan.
Modul Ajar disesuaikan dengan kemampuan dan preferensi guru, staf pendidikan, dan satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum di sekolah. Dalam Konteks Kurikulum Merdeka, modul ajar adalah alat yang digunakan guru untuk merencanakan proses pembelajaran. Penyusunan modul ajar ini disesuaikan dengan pencapaian pembelajaran pada fase atau tahap perkembangan peserta didik.
Modul ajar mencakup pemilihan materi yang akan diajarkan dengan tujuan pembelajaran jangka panjang. Pembuatan modul ajar ini membantu guru dalam menjalankan proses pembelajaran dengan lebih efisien.
Modul Ajar Informatika kelas 8 adalah sebuah dokumen yang secara khusus dirancang untuk mengajar siswa pada mata pelajaran Informatika tingkat kelas 8 di Fase D.