Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar Prakarya Pengolahan Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Kurikulum Prakarya Pengolahan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dalam perencanaan dan produksi produk olahan, baik yang berhubungan dengan pangan maupun non pangan, dengan dampak yang dirasakan baik secara individu maupun sosial, dan berdasarkan prinsip-prinsip ekosistem. 

Kompetensi ini memerlukan pemahaman dalam ilmu pengetahuan seperti biologi, kimia, dan fisika, penggunaan teknologi, serta pendidikan kewirausahaan. Pembelajaran dalam kurikulum ini mencakup kemampuan dalam mengeksplorasi dan mengembangkan bahan, alat, teknik pengolahan (seperti pencampuran, pemanasan, pengawetan, dan modifikasi), serta sistem pengolahan. Pengalaman belajar diperoleh melalui berbagai sumber, termasuk sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Selain itu, peserta didik dilatih untuk berpikir secara kreatif, inovatif, logis, sistematis, dan berskala global (komprehensif). Materi pembelajaran juga disusun dalam konteks yang relevan, dengan menggali potensi kearifan lokal melalui apresiasi, observasi, dan eksplorasi untuk perancangan produk. 

Proses produksi melibatkan eksperimentasi, modifikasi, dan penyajian sebagai tahap akhir produksi, sambil memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk merefleksi dan mengevaluasi. Melalui penguasaan ilmu dan pengetahuan dalam seni, desain, teknologi, budaya, dan ekonomi, serta semangat kewirausahaan, tujuan akhirnya adalah menciptakan Profil Pelajar Pancasila yang komprehensif.

Di akhir Fase F (Kelas XI dan XII SMA), peserta didik akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan atau menciptakan produk olahan pangan yang memenuhi standar kebersihan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, atau produk non pangan berdasarkan proposal rancangan usaha. Mereka akan melakukan ini dengan melakukan analisis kebutuhan, penilaian pasar, dan penelitian ilmiah. Selain itu, mereka akan dapat mempresentasikan produk tersebut secara lisan dan tertulis di media sosial virtual maupun visual.

Selama fase ini, peserta didik juga akan melakukan evaluasi dan memberikan kritik serta solusi untuk pengembangan produk olahan pangan dan non pangan sesuai dengan nilai-nilai kewirausahaan, dampak lingkungan, dan penerapan teknologi yang sesuai.

Adapun Modul Ajar Prakarya Pengolahan Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 ada di bawah ini:

  • Capaian Pembelajaran Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)
  • Prosem Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)
  • Prota Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)
  • KKT Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)
  • Buku Ajar Prakarya Pengolahan Kelas 11 (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)