Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 2

Matematika merupakan ilmu atau pengetahuan tentang belajar atau berpikir logis yang sangat dibutuhkan manusia untuk hidup yang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. 

Matematika dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami sekaligus sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi tersebut, mengasah, dan melatih kecakapan berpikir yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Kompetensi tersebut diperlukan agar pembelajar memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, penuh dengan ketidakpastian, dan bersifat kompetitif.

Mata Pelajaran Matematika membekali peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas mental tertentu yang membentuk alur berpikir berkesinambungan dan berujung pada pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi matematis tertentu yang bersifat formal-universal.

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah dengan 1.000.000. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. 

Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal dan mengubah pecahan menjadi desimal. Mereka dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan operasi aritmetika pada bilangan cacah sampai 1000. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB dan masalah yang berkaitan dengan uang. 

Mereka dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional dan menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio dan atau yang terkait dengan proporsi. 

Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas beberapa bentuk bangun datar dan gabungannya. Mereka dapat mengonstruksi dan mengurai beberapa bangun ruang dan gabungannya, dan mengenali visualisasi spasial. Mereka dapat membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. 

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.   

Modul Ajar Matematika Kelas 5 adalah sebuah dokumen pendidikan yang khusus dirancang untuk membantu guru dalam mengajar mata pelajaran Matematika pada tingkat kelas 5. Modul ini berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah yang harus diikuti dalam proses pembelajaran Matematika, media pembelajaran yang dapat digunakan, serta asesmen yang diperlukan untuk mengukur pemahaman dan prestasi siswa dalam satu unit atau topik pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan kurikulum tingkat kelas 5. 

Modul Ajar Matematika Kelas 5 akan membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Matematika yang efektif dan terstruktur, sesuai dengan kebutuhan siswa pada tingkat kelas 5.

Berikut Link Download Modul Ajar Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 2 tinggal edit:

  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 9 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 10 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 11 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 12 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 13 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 14 (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 5 Bab 15 (Disini)
Butuh Perangkat Ajar Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran unduh (Disini)