Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Post Test Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 1


 

Soal dan Jawaban Blog Pendidikan

Soal 1 dari 5

Terjadi kasus perundungan di kelas Anda yang membuat seorang peserta didik berkebutuhan khusus takut untuk kembali ke sekolah. Padahal sebelum kejadian tersebut, ia dikenal sebagai peserta didik yang rajin dan bersemangat. Sebagai wali kelas, Anda sudah menemuinya, namun tetap tidak berhasil membujuk. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut 5
Meminta petunjuk pada konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan 4
Mencoba kembali menemui dan mengajak kembali bersekolah di waktu yang lain 3
Meminta orangtua dari peserta didik tersebut untuk terus membujuk agar mau ke sekolah 2
Memberikan waktu untuk peserta didik tersebut menenangkan dirinya 1

Soal 2 dari 5

Pada peralihan semester ini, Anda ditugaskan untuk mengelola sebuah kelas inklusif. Terdapat empat orang peserta didik berkebutuhan khusus, dua orang mengalami disleksia, dan dua yang lain mengalami disabilitas intelektual. Data dari BK menunjukkan bahwa keempat peserta didik ini memiliki gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, Anda belum memiliki pengalaman sama sekali untuk mengajar di kelas inklusif, sehingga Anda merasa kesulitan dalam menentukan rencana pembelajaran di kelas tersebut. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Merencanakan aktivitas belajar di dalam kelompok yang melibatkan gerakan fisik dan praktik langsung 5
Memperkenalkan materi dengan aktivitas-aktivitas yang menggunakan gerakan tangan, kaki, dan tubuh mereka 4
Mencoba membuat kegiatan pembelajaran yang tidak terlalu banyak duduk untuk memfasilitasi kebutuhan mereka 3
Memikirkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodir gaya belajar kinestetik peserta didik berkebutuhan khusus tersebut 2
Menggunakan terlebih dahulu rencana pembelajaran yang sama seperti kelas-kelas di semester sebelumnya 1

Soal 3 dari 5

Anda adalah guru baru yang mengajar bahasa asing di sebuah kelas inklusif. Menjelang penilaian tengah semester, waktu Anda menyiapkan soal cukup terbatas, sementara beberapa peserta didik memiliki kebutuhan khusus yang membuat kemampuan berbahasanya tidak selalu tampak dari satu metode evaluasi yang sama. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

Jawaban Bobot Nilai
Membuat variasi soal atau model penilaian dengan memperhatikan tingkat kemampuan bahasa peserta didik 5
Mencari referensi alternatif model penilaian yang bisa digunakan untuk peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan bahasa 4
Memikirkan kemungkinan jenis soal yang berbeda yang lebih sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus di kelas 3
Berkonsultasi kepada guru yang lebih dulu mengelola peserta didik di kelas tersebut untuk memperoleh masukan 2
Menggunakan terlebih dahulu soal yang sama untuk seluruh peserta didik, agar nantinya dapat dievaluasi perbedaan capaiannya 1

Soal 4 dari 5

Anda adalah guru di sebuah kelas inklusi. Saat mengajarkan materi geografi, Anda memerlukan media bantu untuk beberapa peserta didik berkebutuhan khusus. Namun demikian, pengajuan kebutuhan sarana belajar yang Anda sampaikan pada pimpinan sekolah tidak ditindaklanjuti. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Membuat media belajar dari bahan daur ulang untuk membantu peserta didik berkebutuhan khusus memahami konsep-konsep geografi ini dengan optimal 5
Mencari bahan-bahan yang tersedia untuk membuat alternatif media bantu agar proses belajar peserta didik berkebutuhan khusus tetap berjalan dengan baik 4
Memikirkan kemungkinan media lain sebagai pengganti sarana belajar yang diusulkan untuk peserta didik berkebutuhan khusus 3
Berkonsultasi kepada senior yang pernah mengajar materi geografi pada peserta didik berkebutuhan khusus untuk memperoleh masukan mengatasi keterbatasan media bantu ini 2
Menggunakan media yang biasa digunakan sebelumnya, dengan harapan peserta didik berkebutuhan khusus tetap dapat mengikuti proses belajar sebagaimana peserta didik yang lain 1

Soal 5 dari 5

Sudah satu minggu Anda diminta mengajar di satu kelas yang belum pernah Anda masuki. Tidak ada informasi spesifik tentang kondisi peserta didik di dalamnya, namun Anda melihat ada lebih dari tiga peserta didik yang selalu kesulitan mengikuti pelajaran, serta ada satu peserta didik yang menunjukkan pola perilaku berbeda saat berinteraksi dengan teman yang lain. Sebagai guru, apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

Jawaban Bobot Nilai
Menyesuaikan kembali rancangan pembelajaran untuk lebih memfasilitasi keragaman kondisi peserta didik 5
Mendiskusikannya dengan guru lain untuk mendapatkan masukan tentang aktivitas belajar yang lebih sesuai 4
Mempertimbangkan penyesuaian kegiatan belajar untuk peserta didik yang kondisinya berbeda 3
Mencoba mengamati dengan lebih lanjut perbedaan kondisi peserta didik untuk mendapatkan data yang lebih lengkap 2
Memahami hal tersebut sebagai bagian dari keragaman kondisi kelas dan melaksanakan pembelajaran seperti biasa 1