Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Post Test Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum) 2


 

Soal dan Jawaban Guru SD

Soal 1 dari 5

Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?

Jawaban Bobot Nilai
Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya 5
Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai 4
Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya 3
Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik 2
Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis 1

Soal 2 dari 5

Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan 5
Menggunakan metode presentasi secara individual 4
Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut 3
Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan 2
Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya 1

Soal 3 dari 5

Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik 5
Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu 4
Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik 3
Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis 2
Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10 1

Soal 4 dari 5

Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban Bobot Nilai
Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya 5
Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik 4
Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua 3
Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa 2
Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas 1

Soal 5 dari 5

Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?

Jawaban Bobot Nilai
Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam 5
Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan 4
Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi 3
Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik 2
Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama 1